Thursday 9 May 2013

Dampak Positif dan Negatif Harlem Shake



HARLEM SHAKE
Tahu kah anda sejarah dan penemu Harlem Shake?, di sini akan di bahas tentang Sejarah dan Penemu Harlem Shake, awalnya disebut albee di Harlem, adalah tarian yang dimulai pada tahun 1981. Tarian menjadi mainstream pada tahun 2001 ketika G. Dep menampilkan Harlem shake dalam video musiknya Let’s Get It . Ini memiliki sejarah dari tarian Timur Laut Afrika yang disebut “Eskista” dan diduga dimulai di Harlem oleh seorang pria bernama Al B.

Sejarah dan Penemu Harlem Shake

Harlem Shake  adalah tarian yang awalnya dimulai di Harlem, New York. Sejak awal telah menyebar ke daerah perkotaan lainnya dan menjadi populer di video musik. Para penyiar di Classic Basketball Entertainer ini di klaim Taman Rucker bahwa modern Harlem Goyang dimulai oleh seorang pria dengan nama “Al B” (julukan Sisqo atau Cisco). Al B adalah seorang pemabuk yang akan melakukan tarian atas permintaan. Karena pendirinya, tarian ini awalnya disebut “albee” di Rucker dan Harlem, tetapi kemudian dikenal sebagai goyang Harlem.
Al B seperti dikutip mengatakan bahwa shake adalah  tarian mabuk , ini merupakan shake beralkohol, tapi itu fantastis, semua orang menghargai hal itu.” Kata Dia itu berasal dari Mesir Kuno dan menggambarkannya sebagai apa yang mumi kerjakan. Karena mereka yang dibungkus mereka tidak bisa benar-benar bergerak, semua yang mereka bisa lakukan adalah goyang. Harlem Shake  didasarkan pada tarian Ethiopia disebut Eskista.
InsideHoops.com |, 13 Agustus 2003
The Harlem Shake  adalah tarian yang dimulai di Harlem, New York, dan menyebar ke daerah perkotaan lainnya, membuat perjalanan itu ke video rap, dan telah menyebar di seluruh dunia. Sebagai Basketball Classic Entertainer ini pada penyiar Rucker Park akan memberitahu Anda, seorang pria yang pergi dengan nama “Al B” dan julukan Sisqo mulai versi modern dari Harlem Shake , namun saat ia mendapat pujian di Harlem, seluruh dunia tidak memiliki gagasan.


InsideHoops.com
Penemu Wawancara   Harlem Shake
InsideHoops.com adalah memberikan orang Shake  Harlem haknya. Apa yang awalnya disebut “albee”-in Rucker dan Harlem-kemudian dikenal sebagai Harlem Shake . InsideHoops.com Editor Jeff Lenchiner bertemu dengan AL B untuk sebuah wawancara eksklusif. Ini adalah wawancara pertama pendiri Shake  Harlem pernah dengan sumber media nasional. Dapatkan siap untuk naik liar.
Latar belakang yang modern Harlem Shake  kembali ke tahun 2001, dengan penari yang disebut shaker, seperti kotor Kirk dan M5. Kocok tidak ada hubungannya dengan sup ayam, dan meskipun mereka berdua berasal dari Harlem, salah satu tidak berevolusi dari yang lain.
Tarian ini memiliki kesamaan dengan tarian (Abyssinian) Ethiopia disebut Eskista. Link politik, budaya dan agama antara Harlem dan Abyssinia kembali lebih dari 200 tahun, yang mencakup pembentukan Abyssinian Baptist Church – salah satu gereja tertua African American.

Sisi Negatif Harlem Shake


Siapa yang gak kenal sama yang namanya Harlem Shake ?? Harlem Shake merupakan sebuah tarian yang mulai booming belakangan ini.
Namun siapa sangka tarian yang konyol, menghibur juga mempunyai sisi negatifnya. Berikut beberapa sisi negatif dari Harlem Shake :
1. Dapat dipecat dari pekerjaanya
Kejadian yang satu ini sudah terjadi di Australia. Seorang pekerja tambang emas di Australia yang dipecat akibat aksi membuat video Harlem Shake protes. Pekerja tersebut mengatakan, dirinya tidak lalai terhadap keselamatan bekerja saat membuat video tersebut. Pemecatan ini dikabarkan menimbulkan pro dan kontra di media sosial. Banyak yang mengatakan, para pekerja tersebut hanya bersenang-senang sebentar, tanpa lalai terhadap faktor keselamatan. Tapi, bagaimanapun tarian harlem shake sudah menganggu konsentrasi pekerjaan.
2. Mencelakakan diri sendiri.
Pesawat hampir celaka gara gara Harlem Shake.  Dilansir dari Daily Mail, pesawat yang membawa rombongan tim Frisbee dari Universitas Colorado ini akan menghadiri turnamen untuk merayakan Hari Presiden. Di tengah perjalanan para penumpang memiliki ide untuk melakukan Harlem Shake saat berada di pesawat yang sedang mengudara. Mereka melompat-lompat dan berguncang-guncang dalam pesawat, dengan kostum lucu mereka. Salah satu penumpang mengaku mereka telah meminta izin kepada awak pesawat untuk melakukan Harlem Shake di dalam pesawat. “Kami tidak merasa melakukan hal yang salah. Kami sudah meminta izin dan mereka mengatakan ini aman,” ujarnya. Walaupun mereka sudah minta izin dahulu, tapi hal tersebut dapat mencelakaan pesawat.

3. Merusak Keimanan Kita.
Orang kafir sengaja membuat tarian Harlem Shake untuk mengalahkan kita dengan diam diam. Mereka sudah mencuci otak kita dan memenuhi otak kita dengan tarian khas mereka.
4. Mendukung upaya memurtadkan Islam.
Nah... ini yang paling bahaya... Dari Tarian Harlem shake kita perlahan akan meninggalkan ibadah ibadah dan akhirnya kita murtad karena keimanan kita semakin sedikit.

“Hari gini ga’ tahu Harlem Shake? Kemana aja, Lu?”
Harry Rodriguez BaauerKalau kamu mengaku anak muda, tapi tidak tahu Harlem Shake, sepertinya kamu lagi lupa bersosialisasi, deh. Harlem Shake sudah menjadi bahan obrolan hangat dimana-mana, terutama bagi para peselancar dunia maya. Coba saja kamu search kata “Harlem Shake” di internet, pasti kamu akan menemukan banyak berita dan video-video menarik tentangnya.





Asal Usul Harlem Shake
Musik Harlem Shake ini dilahirkan oleh seorang Disk Jockey dan produser musik muda bernama Harry Rodriguez pada bulan Mei tahun 2012 yang lalu. Pemuda 24 tahun kelahiran Pennsylvania yang akrab dipanggil Baauer ini pun tidak pernah mengira bahwa musik karyanya akan fenomenal seperti ini, bahkan musiknya terkenal dengan tarian dengan gerakan unik dan agak nyeleneh.
Lalu, siapa sesungguhnya yang memberi ide tarian “gila” itu?
Asal usul tarian Harlem Shake ini memang masih jadi perbincangan dan perdebatan disana sini. Tentu saja sesuatu yang menarik dan fenomenal akan diakui oleh banyak orang. Terlepas dari siapa “pencipta” tarian tak beraturan itu, tarian “gila” Harlem Shake ini mulai terkenal setelah diawali oleh video seorang komedian bernama Filthy Frank yang menari dengan kostum pink menggunakan musik Harlem Shake. Video tersebut menyebar dan akhirnya “menginspirasi” banyak orang untuk melakukan hal yang sama. Bahkan, beberapa video sudah diseting dan dirancang dengan rapi.
Harlem Shake adalah tarian “gaya bebas”. Jadi, masing-masing orang bebas mengekspresikan dirinya sesuai irama Harlem Shake yang didengarkannya dengan gayanya masing-masing. Jika merasa malu, bisa menutupi wajah dengan helm, topeng, make up, dan bahkan menari sambil membelakangi kamera.
Jika kita perhatian tarian-tarian Harlem Shake di internet, kita dapat menyimpulkan mana video yang keren, mana yang lucu, mana yang aneh, dan mana yang garing alias nggak asyik untuk ditonton. Silakan kamu nilai sendiri.
Fenomena Harlem Shake dari sudut pandang psikologi
Banyak orang yang ada di sekitar saya mengomentari Harlem Shake sebagai tarian kesetanan (jangan-jangan ada yang menganggap ini tarian memuja setan) atau tarian gila. Mereka juga berpikir apakah orang-orang di zaman sekarang ini sudah mulai sakit jiwa atau “gila” sampai mau-maunya menari seperti itu di depan kamera, bahkan sampai disebarluaskan ke internet.
Dari sudut pandang psikologi, fenomena ini tidak berarti bahwa semakin banyak orang yang mengalami penurunan kualitas mental atau semakin banyak mengalami gangguan kejiwaan. Fenomena ini muncul didukung oleh beberapa faktor, antara lain.

• Tersedianya alat perekam. Beberapa tahun yang lalu kamera sangat sulit diperoleh. Harus menggunakan handycam dan proses transfer data pun membutuhkan alat dan kemampuan computer tersendiri. Namun, saat ini kamera sudah ada di telepon genggam dan laptop, dari kamera yang berkualitas rendah hingga berkualitas jempolan. Semua dapat diakses dengan mudah, selesai merekam kita pun bisa melihat hasilnya kembali.
• Kemajuan media komunikasi. Dengan pesatnya kemajuan media komunikasi seperti internet, segala sesuatu dapat disampaikan dengan cepat, bahkan ke semua pelosok penjuru dunia.
• Tarian Harlem Shake yang tanpa pola. Artinya, gerakan tarian Harlem Shake adalah gerakan bebas, tidak memiliki gerakan khusus, tidak terbatas pada tarian yang luwes atau kaku. Jadi intinya, selama orang mampu melakukan gerakan, itulah Harlem Shake.
• Adanya sikap pribadi terbuka. Artinya, sikap terbuka ini membuat orang mau dan bersedia menjadi pribadi yang apa adanya meski akan tampak lucu, jelek, dan aneh. Umumnya apabila seseorang yang menyadari bahwa dirinya tidak pandai menari, ia akan memilih diam dan tidak terlibat untuk menari. Namun dengan sikap terbuka, ditambah rasa senang, ditambah keinginan “melepas lelah” atau menyegarkan diri, ditambah lagi unsur “solidaritas” dan supaya ikut kompak bersama teman-teman, seseorang yang tidak pandai menari pun akan menggerakkan tubuhnya senyamannya.
Apakah memiliki pengaruh yang negatif?
Kita tidak dapat membuat kesimpulan umum apakah Harlem Shake memiliki pengaruh yang negatif atau positif. Jadi, baik buruknya tergantung isi video Harlem Shake yang diupload itu sendiri. Harlem Shake dapat memiliki pengaruh negatif, contohnya, apabila gerakan-gerakan yang dilakukan di atas meja dalam video Harlem Shake ditiru oleh seorang anak dilengkapi topeng pada wajah dan matanya, tentu saja perilaku ini akan berbahaya bagi anak tersebut karena ia bisa terjatuh dari meja makan di rumahnya. Contoh lainnya, apabila gerakan-gerakan dalam video Harlem Shake memiliki muatan porno aksi, tentu saja akan mempengaruhi penontonnya, terutama anak-anak.
Apabila kita melihat ke sejarah munculnya musik dan tarian Harlem Shake, tentu saja tidak ada yang salah dan keliru pada Harlem Shake. Harlem Shake bukan lah musik dan tariak yang mengajak melakukan suatu pemberontakan, ajaran sesat, atau perbuatan negatf lainnya. Semuanya murni karena proses berkesenian yang ditambah dengan ekspresi rasa senang. Seni music digital Harlem Shake bernuansa rancak dan gembira, oleh karena itu memang sangat pas digunakan disaat berkumpul dengan teman-teman untuk riang gembira.
“Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan fenomena tarian unik ala Harlem Shake ini. Namun, kita perlu waspada terhadap isi videonya yang banyak diupload di internet, yang mungkin saja mengandung unsur porno aksi atau tindakan negatif lainnya dengan mengatasnamakan Harlem Shake”.

No comments:

Post a Comment